Cara Aman Dari Tindak Kejahatan Untuk Pengamanan Diri Sendiri

Setiap orang di muka bumi ini ingin mendapatkan rasa aman di mana rasa aman merupakan salah satu kebutuhan utama manusia selain kebutuhan fisiologis seperti makan, minum, buang air, tidur, bernafas, dsb. Tanpa rasa aman maka manusia hidup dalam ketakutan, kepanikan, ketidakpastian, dan lain-lain yang dapat membuat hidup menjadi terasa menderita.

Untuk itulah mengapa faktor keamanan adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Dalam suatu kehidupan lingkungan masyarakat yang baik pasti ada individu atau organisasi khusus yang menjamin keamanan orang atau individu di dalamnya. Misalnya pada zaman koboi ada sherif, di zaman sekarang ada polisi, di film kartun naruto ada ninja, di perumahan dan mall ada satpam, dan lain sebagainya.
Tips Menghindar Dari Tindakan Kriminalitas Orang Lain :

1. Bersikap Prilaku Yang Baik
Jika kita bersikap tidak menyenagkan dan jahat kepada orang lain maka tidak menutup kemungkinan orang yang kita sakiti atau jahati akan membalas perbuatan yang telah kita lakukan. Jangan meremehkan dendam karena sesuatu yang sepele bisa mengakibatkan peristiwa tindak kejahatan fatal jika pelakunya adalah seorang pendendam yang brutal.

Dengan bersikap ramah, sopan, santun dan baik kepada orang lain akan membuat orang lain ingin membantu kita apabila kita dalam kesusahan di samping memperkecil orang lain sakit hati kepada kita. Dalam percintaan pun jangan pernah menyakiti hati orang lain dengan menjadi playboy, selingkuh, menduakan, senang memutuskan cinta, dsb. Begitu pun terhadap pegawai, bawahan atau anak buah kita jangan pernah semena-mena dan menzolimi mereka.

2. Hidup Sederhana Serta Menghilangkan Sifat Pamer Dan Gengsi
Dengan hidup sederhana maka para penjahat akan melihat kita sebagai target yang tidak potensial walaupun sebenarnya mungkin kita adalah orang yang kaya raya. Orang yang suka pamer benda-benda berharga seperti mobil mewah, perhiasan, motor / mobil mewah, dompet tebah, handphone bagus, dsb akan mudah merangsang para pelaku kejahatan untuk benbuat jahat pada kita. Ketika orang sedang kepepet biasanya orang itu akan mencari benda berharga untuk dicuri. Jika kita tidak punya sesuatu yang berharga maka kita otomatis aman.

Bagi para wanita sebaiknya tidak berdandan yang berlebihan atau terlihat sangat menarik agar tidak menarik perhatian para pemerkosa dan pria hidung belang. Untuk para perempuan yang memiliki wajah yang sudah cantik sebaiknya dibekali ilmu bela diri dan memiliki sikap yang tegas, tidak polos dan terlihat cerdas untuk menciutkan nyali laki-laki pemuja nafsu bejat. Memakai pakaian yang tidak menampakkan lekukan tubuh dan juga menggunakan jilbab dapat menghindari kita dari pelecehan seksual.


3. Selalu Bersikap Waspada Dan Berwibawa
Hati-hati kepada orang yang baru kita kenal walaupun dari segi tampang tidak memiliki wajah kriminal karena setiap orang bisa menjadi penjahat. Waspadalah ketika ada orang yang baru dikenal langsung bersikap sangat baik kepada kita dengan tidak mengkonsumsi makanan, minuman dan benda-benda lain yang ditawarkan kepada kita. Bila perlu setiap bepergian minta ditemani orang lain untuk meminimalisir menjadi target kajahatan.

Jangan tunjukkan sikap polos kita karena penjahat sangat menyukai orang-orang polos yang umumnya datang dari desa, berpendidikan rendah atau anak-anak. Jangan lupa mengunci pintu dengan baik bila berada di dalam mobil, rumah, apartemen, hotel, dsb untuk menghindari masuknya pihak yang tidak dikenal ke tempat kita.

4. Menghindari Tempat Yang Tidak Aman
Hindarilah daerah-daerah yang tidak memiliki pengawasan keamanan yang baik seperti di daerah rawan kejahatan, di daerah kumuh, di tempat gelap atau memiliki penerangan minim, tempat hiburan malam, tempat sepi, tempat yang tidak memiliki petugas keamanan yang memadai dan berkualitas baik, dan lain sebagainya.
Jika sudah tahu penjahat suka berkeliaran di malam hari sera tempat-tempat hiburan malam yang tidak sesuai agama, maka sebaiknya jika tidak mendesak hindarilah keluar pada malam hari. Tempat hiburan malam yang menjual minuman keras, rokok, di mana pengunjung wanita sebagian besar senang memperlihatkan aurat tubuhnya merupakan tempat yang tidak aman bagi setiap orang baik-baik.

5. Tidak Memberikan Kesempatan Untuk Berbuat Jahat
Banyak hal yang membuka peluang para penjahat untuk menjadikan kita sebagai target kejahatannya seperti meletakkan benda berharga sembarangan, tidak membuat sistem keamanan yang baik di rumah, menaruh ponsel atau dompet di kantong yang longgar, membawa uang sangat banyak tanpa kawalan polisi atau keamanan yang memadai, dan lain sebagainya.

6. Mempelajari Moduk Operandi Kejahatan Para Kriminil
Jangan malas untuk membaca berita di koran, majalah, televisi, dsb mengenai modus kejahatan yang marak terjadi di sekitar kita agar kita lebih mudah menyikapi setiap situasi dan kondisi yang terjadi. Pelajari cara-cara untuk menyelesaikan setiap tindak kejahatan seperti selalu memperhatikan kondisi mesin atm dan orang-orang di sekitar atm sebelum melakukan transaksi di mesin anjungan tunai mandiri.

7. Tidak Berteman Dengan Orang Yang Berpotensi Kriminal
Seringkali kita melihat di film atau di tv di mana penjahat senang mengorbankan kawan-kawannya sendiri untuk mencapai tujuan pribadinya. Untuk itu sebaiknya kita selektif dalam mencari teman agar tidak menyesal di kemudian hari.

Jika ada preman, jagoan atau jawara kampung sebaiknya anda mengalah dan jangan malah berteman dengan orang itu agar anda tidak kenan getahnya jika si preman sedang marah. Jangan pernah pula berteman dengan pengguna narkoba agar kita tidak difitnah kelak jika suatu hari nanti polisi menggeladah kita.

8. Berdoa Minta Perlindungan Kepada Tuhan Tang Maha Esa
Yang paling utama dan yang paling menentukan adalah kita selalu mendekatkan diri kepada Tuhan dan selalu memohon perlindunganNya agar kita selalu selamat dunia dan akherat. Tuhan adalah yang menentukan apakah kita akan mendapatkan musibah atau tidak. Bagi yang tidak percaya kepada Tuhan maka saya tidak tahu anda harus berdoa kepada siapa.

0 komentar:

Poskan Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...