Manusia dan Kebudayaan (IBD)



Berkaitan dengan postingan kemarin (ilmu budaya dasar) manusia dan kebuadayaan pada materi ini akan menjelaskan keterkaitan manusia dengan budaya, menjelaskan apa itu manusia dan budaya, kaitanya manusia dengan budaya.

Pengenalan Materi

Manusia dan kebudayaan sangat erat terkait satu sama lain. Manusa dan kebudayaan merupakan salah satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan dalam kehidupan ini. Manusa sebagai mahluk social, mampu menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun temurun hingga saat ini. 
Budaya tercipta atau terbentuk dari hasil interaksi antara MANUSIA dengan segala yang ada du alam raya ini. Manusia di bekali oleh tuhan dengan akal pikiran intelegensia, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku. Dengan semua kemampuan yang dimiliki oleh manusia maka manusia dapat menciptakan kebudayaannya.

Kebudayaan adalah produk manusia, namun manusia itu sendiri adalah produk kebudayaan. Dengan kata lain, kebudayaan ada karena manusia yang menciptakannya dan  manusia dapat hidup ditengah kebudayaan yang diciptakannya. Kebudayaan akan terus hidup manakala ada manusia sebagai pendudukungnya Manusia
Sebelum kita membahas lebih jauh lagi. Alangkah lebih baiknya kita mengerti atau mengetahui terlebih dahulu apa yang sedang kita bahas saat ini.
 
MANUSIA.

Manusia adalah sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. sedangkan  dalam ilmu eksakta, manusia dipandang sebagai kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan-jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia (ilmu kimia), manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi (ilmu fisika), manusia merupakan makhluk biologis yang tergolong dalam golongan makhluk mamalia (ilmu biologi). Dalam ilmu-ilmu sosial manusia merupakan makhluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus (ilmu ekonomi), manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri (ilmu sosiologi), makhluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan (ilmu politik) makhluk yang berbudaya, sering disebut homo-humanus (ilmu filsafat),  Manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Allah SWT. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini (ilmu agama). dan lain sebagainya.

Manusia diciptakan oleh tuhan sebagai mahluk yang paling sempurna di bandingkan mahluk tuhan yang lainya. Manusia terdiri dari JIWA dan RAGA yang di lengkapi dengan AKAL PIKIRAN serta HAWA NAFSU. Tujuan manusia di ciptakan adalah untuk menjadi khalifa atau pemimpin, sedangkan di dalam Al-Quran di sebutkan “Sesungguhnya telah ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah.” Manusia juga di ciptakan sebagai mahluk social, karena manusia hidup saling bertergantungan atau saling membutuhkan, atau berdampingan antara satu dengan yang lainya.

KEBUDAYAAN

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
Sebagai mahkluk social yang berkumpul dan menetap tentunya manusia mengadakan interaksi terhadap sesamanya. Dan selain berinteraksi dengan sesamanya tentunya manusia juga mengadakan interaksi terhadap linkungan alam diamana ia tinggal. Didalam interaksi itu yang dilakukan terus-menerus bahkan dapat menimbulkan sesuatu hal/kebiasaan dalam lingkungan masyarakat yang berulang dan menjadi kebiasaan atau diturunkan kepada masyarakat selanjutnya, hal ini kerap dikenal dengan istilah Kebudayaan.
 
Jika kita mengamati berbagai macam manusia di muka bumi ini, tentunya kita akan mendapatkan  berbagai macam corak Kebudayaan yang berbeda-beda. Bahkan jika dipersempit untuk mengamati Negara kita saja Indonesia, tentunya kita dapat melihat banyak sekali perbedaan Kebudayaan di setiap daerah dari sabang sampai merauke (daerah barat sampai daerah timur Indonesia).

Jika kita perhatikan berbagai macam budaya yang ada di dunia saling berkaitan dengan kegiatan, kebiasaan, alam, lingkungan yang ada di setiap tempat, maka dari itu sangatlah wajar apa bila kebudayaan di dunia berbeda-beda.

Dari pengertian tersebut menunjukan bahwa kebudayaan itu merupakan keseluruhan dari pengetahuan manusia sebagai mahkluk social, yang digunakan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan yang dihadapi. Atas dasar itulah para ahli mengemukakan adanya 7 unsur kebudayaan, yaitu sebagai berikut :
  1. Unsur Religi
  2. Sistem Kemasyarakatan
  3. Sistem peralatan
  4. Sistem mata pencaharian hidup
  5. Sistem bahasa
  6. Sistem pengetahuan
  7. Seni.

Dalam perkembangannya suatu kebudayaan itu tidaklah bersifat statis (tetap) melainkan bersifat dinamis. Hal ini disebabkan karena berbagai kelompok manusia yang memiliki kebutuhan dan tertentu saling berinteraksi satu kelompok dengan kelompok lainnya, tentunya melalui interaksi tersebut terjadi perubahan kebudayaan karena dipengaruhi oleh kebudayaan lainnya (effek globalissasi).

KAITAN MAUSIA DAN KEBUDAYAAN
Secara sederhana hubungan manusa dengan kebuadayaan adalah : Manusia sebagai pelaku kebudayaan, dan kebudayaan sebagai objek yang di laksanakan oleh manusia. Tetapi hubungan keduanya sesungguhnya tidak sesederhana itu, dalam ilmu sosiologi manusa dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, maksudnya walaupun keduanya tetapi keduanya merupakan sebuah kesatuan yang tidak bisa di pisahkan. Manusia sebagai pencipta kebudayaan, dan setelah kebudayaan itu tercipta, maka  kebudayaan lah yang mnuntun alur hidup manusia.

#sekiranya bila ada yang perlu saya perbaiki ?
kalo ada silahkan tinggalkan komentarnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...