Fungsi GET dan POST pada PHP



Fungsi dan Perbedaan Method POST dan GET pada PHP

Dalam dunia WEB mungkin tanpa kita sadari kita sering kali melihat fungsi methode POST dan GET. apa itu methode POST dan GET ?,  Pengertian dari kegunaan methode POST dan GET sama yatu untuk mengirimkan nilai ke halaman lain atau mengirimkan ke database dan mengambil nilai variable dari halaman lain atau mengambil nilai dari database.

Penggunaan Methode POST dan GET ini biasanya menggunakan form pada halaman PHP, untuk perbedaanya sangat kecil pada methode POST dan GET namun sangat terlihat.

Output Program GET :

( Gambar 1. Output program POST dan GET menggunakan PHP )
pada latihan praktikum pertemuan pertama ini, akan dibuat sebuah tampilan web seperti diatas, untuk menjalanakan program diatas pengguna harus menjalankan apache yg terdapat di Xsampp, lalu membuat sebuah file dengan extensi .php simpan file tersebut di folder hatedocs pada xsampp. dimana file tersbut akan digunakan untuk membuat sebuah tampolan Form input data seperti pada gambar diatas.




Perintah Program GET (syntax) :

Syntak POST DAN GET pada PHP




Penjelasan Syntax Program :

Pada syntax program ini terdapat 2 bagian penting yang akan dibahas diantaranya adalah :



Bagian desigin Webnya



pada bagian ini akan membentuk form input seperti ini...
 
 ============= INPUT DATA MAHASISWA ==============
 
 NAMA : 
 KELAS : 
 NPM  : 
 
       
  • Pada bagian <form action = ' ' method = 'get'> digunakan untuk mendeklarasikan method, pada script ini menggunakan methode GET, (jika mau menggunakan methode POST tinggal di ganti aja)
  • <pre> digunakan untuk merapihkan space jadi tidak perlu menggunakan perintah <br/>
  • <input type = 'text' name='nama'> perintah input type dengan format text untuk membuat kolom input, yang nantinya nilainya di masukan kedalam variable nama.  
  • <input type = 'submit' name='kirim' value='kirim'>  format submit digunakan untuk membuat bentuk button.
  • Untuk format Reset digunakan untuk mengosongkan form input pada web.

Bagian Exekusi programn



  • Pada perintah PHP dibuka dengan <?, lalu masukan kondisi if (isset ($_GET['kirim'])){ untuk memasukan nilai ke dalam variable $nama, $kelas, $npm,  melalui button kirim.
  • Pada baris selanjutnya perintah Echo digunakan untuk menampilkan output, lalu di tambahkan isi outpunya dari nilai yang ada pada $nama, $kelas, $npm.
  • Untuk perintah selanjutnya digunakan untuk membersihkan output dengan menekan tombol Clear (hapus), yang nantinya akan mencetak variable kocong ketika form input dikosongkan.

Perbedaan Fungsi Methode POST dan GET :

( Gambar 2. Hasil Methode GET )
 
( Gambar 3. Hasil Methode POST )

Pada bagian ini sangat terlihat jelas perbedaanya pada Url pada methode GET menyimpan nilai pada URL, sedangkat POST pada variablenya.

( Gambar 4. Source Code GET )

( Gambar 5. Source Code POST )
perbedan penggunaan peritntahnya pengguna hanya perlu meReplace seluruh tulisan GET dengan POST atau sebaliknya, penggunaan Huruf kapital berpengaruh pada program





Sumber :
Jika ada link yang rusak atau Request silahkan menuju ke link ini : DISINI, Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami. Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

1 komentar:

balmut mengatakan...

Thank you gan, lagi belajar pemrograman web pake PHP juga

Poskan Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...