Program Membuat Loading bar Pada Pascal

Pada postingan kali ini saya akan membuka sedikit pikiran kalian untuk melihat dengan sudut pandang yang lebih luas, kali ini saya akan membuat sebuah program animasi loading dengan menggunakan bahasa pemprograman pascal, sebenarnya banyak sekali program-program unik yang dapat di buat dengan bahasa pemprograman pasca, dan yang lebih menyenangkanya lagi hasil compaile dari pascal berextensi .exe sedangkan cript pascalnya berextensi .pas.


Berikut ini akan saya lampirkan script melalui pastebin agar mudah di copas dan tidak berantakan, silahkan copy dan paste di notpad lalu simpan dengan extensi .pas

Penjelasan :
seperti yang di lihat pada sourcecode dibawah ini.
 
#baris 1,2,3,4,5
merupakan struktur dasar pada pascal, serta pendeklarasian variable X dan Z sebagai integer yang nantinya akan digunakan unutk perulangan pada loop presentase dan loading barnya.
 
#baris 6 - 15
merupakan interface dari program animasi yang ditampilkan pada layar output, gotoxy merupakan perintahh penempatan kursor berdasarkan kordinat yang sudah di tentukan dalam tanda kurung, sementara writelen digunakan unutk menampilkan tampilan outputnya pada kordinat yang sudah ditentukan oleh perintah gotoxy.
 
#baris 17.
baris ini digunakan untuk menentukan jumlah perulangan pada nilai variable x.
 
#bari 18 - 21
baris ini digunakan untuk membuat animasi dengan menggunakan perintah delay(90), perintah ini dimaksudkan tampilan output akan muncul secara berjeda dgn hitungan antar jedanya 90mili secon. diteruskan pada perintah writelen(x, ' %') nilai x akan mengulang dari 1-100.
 
#baris 23 - 31
pada baris ini nilai x akan di kondisikan jika nilai x modulus 5 = 0 maka, nilai z akan bertambah 1, lalu menentukan hasil cetak nilai z pada kordinat (29+z, 14) lalu ubah nilai z itu menjadi output berbentuk =. dengan begitu program akan melakukan literasi perulangan hingga nilainya mencapai kondisi yang sudah di tentukan sebelumnya. setelah itu program ditutup dengan readln agar tidak langsung keluar dari hasil, dan bagan program ditutup dengan perintah end.
 




Sumber :
Refrensi : http://sukakode.com/program/membuat-animasi-loading-dengan-pascal/


Jika ada link yang rusak atau Request silahkan menuju ke link ini : DISINI, Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami. Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...