Download DosBox [ Emulator untuk program DOS ]

icon software DOSBox

DosBox merupakan software emulator untuk program berbasis DOS, DosBox memungkinkan kita untuk menjalankan program berbasis dos, yang sudah tidak kompatible lagi pada oprating system seperti windows 8, windows 10, atau windows yang menggunakan arsitektiur 64bit.

Untuk memastikan dan memeriksa oprating system kalian menggunakan arsitektur apakah 32bit atau 64bit sangat sederhana, yaitu dengan klik kanan pada my computer > lalu properties, atau buka control panel lalu pilih system, akan tampak seperti pada gambar di bawah ini :

Spesifikasi Komputer ( System )

Pada gambar diatas juga terdapat keterangan tentang jenis processor apa yang kita gunakan, spesifikasi processor, seberapa besar RAM (Random Access Memory) dan berapa besar yang dapat di gunakan pada komputer kita, perhatikan tulisan pada system type : disana menunjukan arsitektur bit yang digunakan pada oprating system yang kalian gunakan.

logo dosbox


Penggunaan DOSBox sendiri bisa digunakan untuk memainkan atau menjalankan program yang masih berbasis dos, seperti game, atau porgram turbo pascal, turbo c++, cobol, qbasic, atau program lainya yang masih berbasis text / under dos yang sudah tidak bisa dijalankan pada oprating system windows 64bit atau diatas versi windows 7.



http://www.dosbox.com/

Penggunaan DOSBox sangatlah mudah, pertama kalian harus mendownload DosBox , saya menyarankan kalian mendownload dari situs resmi DOSBox di http://www.dosbox.com/ lalu ke tab download , disana kalian akan melihat icon berwana hijau bernama download now, sourceforge seperti di bawah ini :

Button download dosbox

lalu disana juga kita dapat melihat porgam dosbox ini dapat kompatible di oprating system apa saja :

tabel compability os

 Setelah di download, silahkan instal program dosbox seperti biasa, klik next > pilih direktori instalasi (disarankan tidak menginstal di direktori system berada) lalu next hingga finish. setelah selesai di instal, buka program dosbox :

Program dan mounting pada dosbox

Sebagai catatan, kita perlu me mount drive dan direktori yang akan kita buat virtual dos, ketika melakukan mount, dosbox akan membuat sebuah virtual sederhana yang dapat kita akses melalu dosbox, semua perubahan diluar dosbox tidak akan terbaca di dalam area virtual, tapi jika kita melakukan perubahan didalam dosbox (membaca, menulis dan mengedit) data tersebut akan tetap tersimpan secara real pada drive kita.

ketik perintah mount [lokasi drive C, D atau e] [sepasi] nama drive : \ lokasi atau direktorinya. setelah muncul perintah drive is mount as local directory, artinya proses mount telah berhasil, lalu ketik perintah E: (tergantung lokasi drive yang sudah di mount sebelumnya) lalu masuk kedalam folder / direktori yang sudah di buatkan virtualnya dengan perintah CD. lalu jalankan program yang ingin kita gunakan.


Sumber : 
http://id.wikihow.com/Menggunakan-DOSBox
 http://www.dosbox.com/download.php?main=1
 
Jika ada link yang rusak atau Request silahkan menuju ke link ini : DISINI, Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami. Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...